Select Page

Mungkin seringkali papah-mamah bertanya apa sih BPA Free artinya sesaat memegang botol minuman atau botol bayi ketika berbelanja di pusat perbelanjaan.

Nah pada artikel kali ini, kami sajikan informasi secara lengkap apa itu label BPA Free pada kemasan produk dan apa bahanyanya bagi kesehatan.

BPA Free artinya BPA kepanjangan dari bisphenol-A yaitu zat kimia sistesis yang biasa dipergunakan untuk pembuatan berbagai macam produk seperti botol bayi, botol minuman plastik, dan wajan atau tempat makan.

Sedangkan Free papah-mamah sudah tahu ya yang berarti bebas. Jadi bisa diartikan bahan pembuatan yang terbebas dari jenis zat kimia sistesis.

Sebelum Mengenal Label BPA Free Artinya Lebih Jauh.

Ada baiknya papah-mamah mengenal terlebih dahulu awal mula Bisphenol-A, sebelum mengenal lebih jauh keberadaan label BPA Free untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

BPA diperkenalkan sejak tahun 1957  sebagai penggunaan alternatif dalam industri kimia untuk bahan dasar plastik dan resin. Pembuat produk menyukai BPA karena kuat, multiguna, isolator yang baik dan tidak mudah terbakar.

Tapi efek hormonal BPA dapat mendatangkan masalah. Partikel-partikel BPA dapat terlepas dan bisa tertelan oleh tubuh manusia. Studi menemukan bahwa pada Bisphenol-A dapat larut dalam air panas. Lalu ancaman apa bagi kesehatan apabila zat BPA ini masuk ke dalam tubuh manusia?

Uni Eropa sudah melarang keras bahan botol minuman plastik pada senyawa kimia BPA ini. Dengan mengetahui label BPA Free artinya papah-mamah sudah menyadari akan bahaya zat BPA bagi kesehatan papah-mamah.

Berikut efek yang ditimbulkan dari senyawa BPA atau Bisphenol-A bagi kesehatan.

  • Ancaman Cacat pada Janin

Senyawa yang terkandung dalam pelembutan plastik seperti di(2-ethylhexyl)adipate (DEHA) dapat mengakibatkan rusaknya sistem peranakan dan menghasilkan janin yang cacat. Pembakaran PVC (salah satu jenis plastik) akan mengeluarkan DEHA yang dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen, kerusakan kromosom dan menyembabkan bayi-bayi lahir dalam kondisi cacat.

  • Perubahan Permanen Organ Kemaluan

Berbagai penelitian menghubungkan Bisphenol-A dengan dosis rendah dapat mengakibatkan perubahan permanen pada organ kemaluan.

  • Kanker Payudara

Dengan meningkatkan kadar prostat, penurunan kandungan hormon testoron memungkinkan terjadinya kanker payudara.

  • Menjadi Hiperaktif

Dengan BPA bisa menjadikan seseorang hiperaktif disebabkan sel prostat menjadi lebih sensitif terhadap hormon dan kanker.

  • Menyerang Sistem Saraf

Bisphenol-A bisa menyerang sistem saraf pada bayi-bayi karena racun neurotoksik yang terkandung didalamnya.

  • Reproduksi

Dengan mengetahui label pada kemasan BPA Free artinya papah-mamah menghindari ancaman kesehatan reproduksi yang diakibatkan pada zat BPA itu sendiri.

  • Kegemukan

Dapat mengakibatkan kegemukan, obesitas dan mampu menambah jumlah lemak karena tokin atau racun yang terkandung dalam senyawa BPA.

  • Memicu Penyakit Kanker

BPA bersifat estrogen sintetis yang memicu kanker.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bisphenol_A#Health_effects dan berbagai sumber di internet.

Tindakan yang perlu diperhatikan.

Untuk meminimalisir dampak dari bahaya BPA, maka diperlukan tindakan yang tepat guna kesehatan keluarga tetap terjaga. Tindakan apa saja yang perlu diperhatikan?

Berikut kami tulis buat papah-mamah setelah mengetahui label BPA Free dan 7 tindakan yang perlu diperhatikan ini bisa menjadi prioritas dalam mencari kemasan produk bermutu baik bagi kesehatan.

  1. Pastikan terdapat label BPA Free pada kemasan produk botol atau tempat makan yang hendak dibeli.
  2. Beli disumber terpercaya.
  3. Karena tidak memakai penggunaan botol polikarbonat yang mengandung BPA, sebagai gantinya selain mencari label BPA Free pada kemasan produk, juga bisa mencari produk yang terbuat dari gelas atau kaca.
  4. Pilih botol yang menggunakan polypropylene atau polyethylene yang tidak keras dan tidak mengkilat.
  5. Hindari memanaskan makanan dalam alat makan yang berbahan plastik. Karena dikhawatirkan dapat memicu pelepasan senyawa BPA. Sebagai gantinya bisa gunakan wadah gelas atau kaca
  6. Cucilah botol wadah plastik dengan menggunakan spons agar tidak merusak lapisan plastiknya.
  7. Jangan gunakan botol plastik yang sudah tergores atau rusak.

Peliputan media tentang bahaya BPA, papah-mamah bisa melihat video dibawah ini.

Dalam video diatas, sudah jelas sekali banyak di negara maju yang membuat keputusan tegas melawan bahaya BPA demi keselamatan kesehatan warganya terutama bayi-bayi sebagai penerus generasi bangsa.

Disaat negara lain berlomba membuat generasi unggul bagi bangsanya, sehingga bisa membawa nama baik kebanggaan bagai negara lain. BPA bukan tempatnya untuk pembuatan botol minum, tempat makan, dan wajan untuk peralatan masak .

Terakhir satu hal lagi papah-mamah bukan hanya aware tapi juga harus selau ingat setiap pembelian botol kemasan plastik atau tempat makan haruslah teliti melihat label BPA Free artinya papah-mamah juga ikut serta melawan bahaya yang disebabkan oleh senyawa BPA untuk kesehatan keluarga papah-mamah.

Temukan Produk Bebas BPA yang baik bagi kesehatan KLik disini.