Hal pertama untuk mengetahui bagaimana cara bisnis online agar sukses yang bukan hanya untuk saat ini tapi memikirkan skala jangka panjang adalah dengan meriset market. Karena dengan meriset market Anda dapat mengetahui strategi kemarketingan yang baik.

Memang ada banyak cara untuk bisa sukses di bisnis online, namun disini saya akan memberitahu 5 point penting saja yang dirasa cukup untuk dijadikan acuan agar bisnis online Anda sukses.

5 Point Bagaimana Cara Bisnis Online agar Sukses Jangka Panjang

Sejauh yang saya pelajari untuk mengetahui bagaimana cara bisnis online agar sukses setidaknya ada 5 point yang harus Anda ketahui, berikut 5 point diantaranya:

  1. Riset produk dan market bisnis Anda
  2. Temukan supplier produk yang bisa diandalkan
  3. Buat Toko Online spesifik niche
  4. Pilih tempat jualan yang tepat
  5. Lakukan strategi promosi yang efektif
  1. Riset produk dan market bisnis Anda

Salah satu tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk meriset market yaitu dengan Google Trends. Sebagai contoh saya melihat data trend untuk lapak jualan online Tokopedia di 30 hari terakhir.

Lihat gambar dibawah ini…

cara bisnis online

Dari data disini Anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace yang ada untuk berjualan. Namun jangan jadikan marketplace sebagai tujuan akhir channel kemarketingan bisnis Anda.

Di marketplace cukup jadikan ia sebagai insight bisnis Anda saja, seperti mencari produk yang lagi trend atau yang paling banyak diminati di market bisnis Anda dan mencari supplier produk.

  1. Temukan supplier produk yang bisa diandalkan

Menemukan supplier yang bisa diandalkan salah satu caranya bisa melihat dari review toko onlinenya. Sisi yang perlu diperhatikan seperti: tingkat kecepatan merespon pelanggan, tingkat kepuasan pelanggan, barang selalu ready stock, variant produk banyak, barang dan deskripsi sesuai dengan display produk.

Semua itu bisa dilakukan dengan Anda hunting ke berbagai marketplace besar saat ini seperti saat: Tokopedia, Bukalapak & Shopee.

Dan point berikutnya agar bisnis online sukses jangka panjang adalah dengan memiliki toko online yang spesifik niche.

  1. Buat Toko Online spesifik niche

Dengan website toko online yang spesifik niche, maka Anda akan dengan mudah meraih peringkat halaman #1 Google. Dibanding dengan web dengan berbagai produk yang dijual. Karena dengan begitu Anda tidak harus bersaing keras sama marketplace.

  1. Pilih tempat jualan yang tepat

Cara yang satu ini harus selalu diingat, yaitu memilih tempat jualan yang tepat. Anda bisa lakukan riset kecil-kecilan dengan mengetik produk yang mau diriset di salah satu media sosial seperti Facebook. Lihat berapa banyak yang Like, share & komen.

Begitu juga Anda bisa lakukan riset ini pada marketplace & Google. Di Google Anda bisa lakukan dengan tools Google Keyword Planner (GKP), dari sini dapat ditemukan berapa rata-rata pencarian setiap bulannya.

  1. Lakukan strategi promosi yang efektif

Melakukan strategi promosi yang efektif bisa dengan cara berjualan di tempat ramai. Dan tempat ramai di dunia online seperti Google, Facebook, Instagram & Marketplace. Ada baiknya saya sarankan untuk beriklan dengan berbayar atau paid traffic. Karena dengan beriklan berbayar kita bisa mendapatkan data dan terukur.

Bagaimana Mengetahui Cara Bisnis Online bisa Sukses Kalau Hanya Berjualan di Marketplace

Seperti yang pernah disinggung diatas marketplace jangan jadikan tujuan akhir channel kemarketingan bisnis online Anda. Marketplace cukup jadikan insight saja buat bisnis Anda seperti mencari produk yang lagi trend. Dengan mencari produk yang lagi trend artinya permintaan produk banyak, laris. Sehingga Anda bisa memahami market mana yang bisa Anda garap.

Pelajari cara riset produk paling laris di Tokopedia untuk dijualin lagi disini

Karena kalau tetep ngotot untuk berjualan di marketplace terus, Anda akan merasakan…

  • Banting-bantingan harga
  • Data bukan milik Anda
  • Produk/copywriting Anda akan bisa ditiru sama kompetitor

Hal ini sangat jauh dari kriteria bagaimana cara bisnis online agar sukses. Dan ada baiknya Anda perlu membaca sedikit penjelasan dari ke 3 bencana diatas. ^_^

  • Banting-bantingan harga.

Jelas karena ada informasi yang mudah didapatkan selaku pembeli, maka si pembeli pula dengan mudahnya membandingkan harga dari toko Anda ke toko yang lain.

Fitur sort harga termurah ini marketplace sendiri yang sediakan.

  • Data bukan milik Anda.

Di marketplace Anda bisa mendapatkan pembeli tapi bukan pelanggan tetap.

Ini artinya bukan gak mungkin pembeli produk Anda bisa dengan mudah berpindah belanja ke kompetitor.

Karena data seperti email, produk mana yang sering dikunjungi, berapa rata-rata pembelian per satu pembeli, hanya dimiliki oleh marketplace itu sendiri.

Dengan Anda mendapatkan alamat email pembeli, Anda bisa menjalin hubungan baik sama pembeli, mengkonversi prospek menjadi pembeli, melakukan penawaran produk lain seperti up selling cros selling.

 

Kalau Anda mengetahui data produk mana yang sering dikunjungi, Anda bisa melakukan follow-up dari pixel web untuk tujuan retargeting iklan fb Anda.

 

Dan mengetahui berapa rata-rata pembelian produk, Anda bisa tahu berapa banyak orang melakukan transaksi pembelian produk dari Anda dalam satu waktu.

Bukan ini hal potensial, karena biasanya orang yang sudah membeli produk kemungkinan besar ia akan datang kembali membeli produk Anda. Tingkat kepercayaan & pengalaman membeli sudah dimiliki dari pembeli tersebut.

  • Produk/copywriting Anda akan bisa ditiru sama kompetitor

Mungkin Anda pernah melihat dalam satu marketplace ada iklan yang sama sekali gak ada bedanya. Baik itu deskripsi produk dan poto produk. Berapa banyak Anda temukan seperti itu maka itulah jumlah para plagiat plek dari barang jualan Anda.

Sangat mudah diambil dan ditiru. Kalau Anda reseller atau distributor produk dan selaku pembuat produk juga berjualan di satu marketplace yang sama, maka kemungkinan perang harga baru saja dimulai.

Kalau official marketplace bermain juga disana yang memiliki data lengkap profil pembeli dan pemilik produk maka Anda bisa bayangkan sendiri, betapa mudahnya mereka berjualan. Terus bagaimana cara bisnis online mau sukses kalau berjualannya hanya mengandalkan marketplace.

Jadi saran saya bangun aset digital milik Anda sekarang juga untuk menjawab ketiga masalah diatas. Salah satunya dengan membangun website untuk produk Anda.

harga jasa pembuata website