Kalau Anda search marketplace besar yang satu ini di Google, maka Anda dapatkan data yang tertulis dibawah “About 95,900,000 results (0.37 seconds)”. Ini artinya kata tokopedia dicari sebanyak 95 juta hasil dalam 0.37 sedetiknya. Gila kan? Angka yang gede banget!

Makanya sayang kalau kita gak ambil ceruk dari pasar yang satu ini.

 

Bagaimana caranya riset produk terlaris di tokopedia buat dijualin lagi

 

Bagi Anda yang belum tahu mau jualan apa? Anda bisa cari produk di tokopedia dengan melihat kategori Hot List. Klik salah satunya atau bisa klik lihat semua untuk melihat jenis dagangan yang Anda sukain.

Misal saya ambil hot list serba tactical 511 dan mendapatkan salah satu produk disana..

Anda bisa lihat yang saya tandai dengan kotak merah, disini Anda sudah menemukan data dilihat berapa banyak, terjual berapa banyak. Anda bisa jualin lagi dengan produk potensial ini ke pasar bukan?

 

Melihat dari Google

Anda bisa jalan-jalan ke Google untuk melihat data dari sana. Coba ketikan judul dari produk tadi di Google. Disini sampai ketikan tactical kita bisa melihat Google lebih menyarankan kata bandung dibanding 511, artinya data Google dalam pencariannya lebih banyak kata jual celana tactical bandung.

Kita hampiri, ada About 716,000 results (0.46 seconds)

Kalau Anda taruh kursor di bagian pencarian Google, Anda dapatin juga kata yang berhubungan dengan kata kunci jual celana tactical bandung. Lihat aja penampakannya gan!

Dan seterusnya begitu, Anda bisa temukan data yang lebih sedikit pencariannya pada urutan dibawahnya pada Google suggest ini.

 

Melihat dari Google Trends

Google Trends sangat powerfull. Disini Anda bisa melihat data seperti melihat kota mana saja yang interest pada kata Celana Tactical tersebut atau produk yang Anda mau riset.

Melihat data Google trends pada 7 hari terakhir, Anda bisa melihat kota mana saja yang terbanyak yang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda mau jualin. Dari sini kita bisa menjual memasarkan pada wilayah-wilayah tersebut. Powerfull kan?

Kalau Anda beriklan dengan Facebook Ads, Anda bisa targetkan pada wilayah-wilayah tersebut.

 

Dari sini Anda sudah bisa mengetahui

  1. Produk yang paling laku di Tokopedia
  2. Produk yang paling banyak pencariannya di Google
  3. Melihat kota mana saja yang memiliki ketertarikan di Google Trends

 

Action Anda

  • Anda bisa mencari supplier pada Tokopedia & Google untuk produk yang paling laku ini dan menjualnya pada toko online Anda atau di marketplace. Marketplace yang sama; Tokopedia juga. Gak apa-apa, gak masalah. Jualan aja.
  • Anda juga bisa beriklan menggunakan Fb Ads dengan targetkan kota yang sudah kita riset menggunakan Google Trends.
  • Gunakan channel kemarketingan SEO pada website Anda, sehingga mudah pencariannya. Misal menargetkan kata kunci ‘Jual Celana Tactical daerah Samarinda’.

Silahkan DOWNLOAD DISINI untuk mendapatkan artikel ini yang sudah saya convert dalam bentuk pdf (lengkap dengan screen shootnya), sehingga bisa memudahkan dan juga bisa dibaca di smart phone Anda, dapat dibaca dimana aja. Bisa Anda baca berulang-ulang, dibaca lagi kalau lupa. Terpenting langsung Anda praktekan.

Semoga tulisan ini bermanfaat & menginspirasi Anda pada bisnis yang akan Anda jalankan. Sehingga Bisnis Anda banyak orderannya. Amin YA RABB..